Peduli Sarana Ibadah

Berawal dari rasa kepedulian dan kemanusiaan dalam mengupayakan kesejahteraan bagi anak – anak yatim, piatu dan dhu’afa. Pada Ramadhan 1430 H / 2008 M, sekumpulan peserta I’tikaf di Mesjid Agung Karawang dari berbagai macam latar belakang profil kehidupan yang mendominasi adalah karyawan swasta, mereka berkenalan dan saling bertukar pemikiran, senantiasa Allah SWT mempersatukan visi dan misi mereka terkait dengan masalah sosial , keagamaan dan kemanusiaan yang sangat memprihatinkan pada saat itu.

Dalam mewujudkan visi, misi dan komitmennya menjadi lembaga sosial, pendidikan, kesehatan dan kemanusiaan terbaik, serta memberikan pelayanan sempurna kepada masyarakat kurang mampu, dan seiring berjalannya waktu permasalahan sosial makin meluas dan meningkat, maka “RUMAH HARAPAN” mencoba mengembangkan dan meningkatkan program program pelayanan sosial.

“Tahukah kamu orang yang mendustakan agama itulah orang yang menghardik anak yatim dan tidak memberi makan orang miskin, maka celakalah bagi orang – orang yang sholeh yaitu orang – orang yang lalai dari sholatnya, orang – orang yang berbuat riya dan enggan menolong dengan barang berguna”. (QS. Al-Ma’un : 1 – 7).

“Kedudukanku dan orang yang menanggung anak yatim di surga bagaikan ini”. ( Beliau merapatkan jari telunjuk dan jari tengahnya). (HR. Bukhari dalam Adabul Mufrod no.135, shahih).

SASARAN PROGRAM

  • Jamaah Masjid, Mushola, Madrasah, Majlis Ta’lim dan lainnya yang mendapat bantuan.
  • Warga sekitar lokasi sarana ibadah (masjid) yang mendapatkan bantuan.
  • Anak asuh yatim, piatu dan dhuafa Yayasan Rumah Harapan di semua cabang baik yang mukim maupun nonmukim.
  • Mustahiq yang sudah menjadi binaan Rumah Harapan.

MAKSUD DAN TUJUAN PROGRAM

  • Memberikan fasilitas ibadah terbaik untuk umat Islam.
  • Memberikan kenyamanan saat beribadah.
  • Memperkuat tali silaturahim kaum muslim & muslimat di Indonesia.
  • Memperkaya hasanah wawasan dan keilmuan dalam beragama.
  • Memupuk kerja sama antara yayasan, warga dan pemerintah.

PROGRAM KERJA “PEDULI SARANA IBADAH (PEDULI SAR’I)”

Setiap manusia menginginkan adanya kesejahteraan, keselamatan, dan dijauhkan dari malapetaka. Namun, dalam perjalanannya terkadang ada cobaan yang merupakan takdir dari Allah SWT.

Untuk menjalani kehidupan, umat Islam mempunyai panduan dalam Alquran. Di kitab suci tersebut terdapat sejumlah tuntunan untuk selalu menjalankan perintah Allah SWT. Selain itu terdapat ancaman bagi manusia yang tidak menjalankan perintah dan menjauhi larangannya.

Intinya, Islam diibaratkan sebagai rumah dan pintunya adalah syahadat. Di dalam rumah tersebut ada tiang yang dilambangkan sebagai shalat lima waktu. Shalat merupakan ibadah pokok yang menjadi media komunikasi antara manusia dengan sang pencipta Allah SWT.

Kita masih bisa lihat di sekeliling kita, masih terdapat orang yang meninggalkan shalatnya karena sibuk bekerja. Di sisi lain, kita juga melihat saudara kita yang tetap mendirikan shalat di dalam kesibukannya, dan dengan peralatan yang seadanya. Dalam hal ini, Rumah Harapan  mengadakan program Bantuan Sarana Ibadah untuk membantu saudara kita yang membutuhkannya. Bantuan yang diberikan berupa Alquran, Sepasang Mukena, Sajadah, Sarung dan Songkok. Harapannya bisa memberikan fasilitas ibadah terbaik sehingga ketika beribadah terasa nyaman.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x